Pilah-pilih Behel Gigi, Ini Kelebihan dan Kekurangan Behel Keramik


Kelebihan dan Kekurangan Behel Keramik


Klik link di bawah ini untuk mempermudah menemukan informasi yang mau kamu simak:

Buka

Tutup

Ingin pasang behel gigi untuk memperbaiki masalah gigimu? Beberapa jenis behel gigi, baik behel metal, behel keramik, maupun behel self ligating punya keunggulannya masing-masing yang cocok digunakan untuk kondisi tertentu. Supaya tidak asal pilih, sebelum pasang behel gigi dan menentukan jenis behel yang akan kamu pakai, cari tahu dulu yuk informasi lebih dalam seputar behel keramik berikut ini.

Pertimbangan dalam memilih behel gigi keramik

Behel keramik merupakan jenis behel gigi yang paling sering dipilih karena alasan estetika. Gigi behel keramik yang berbahan dasar keramik atau porselen memang memiliki warna bening transparan mirip dengan warna gigi sehingga tampilan behel gigi saat digunakan tidak terlalu mencolok. Meski begitu, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu pahami dulu terkait pro kontra keunggulan dan kelemahan behel gigi keramik. 

1. Keunggulan behel keramik

Bahannya yang berwarna membuat behel keramik memiliki nilai estetika yang tinggi. Dengan bahan tersebut, penggunanya 'tidak akan terlalu terlihat menggunakan behel'. Itulah sebabnya behel keramik menjadi salah satu perawatan gigi yang digemari oleh anak muda, terutama bagi mereka yang bekerja di bidang-bidang tertentu yang mementingkan nilai estetika. 

Akan tetapi, keunggulan behel keramik tidak hanya dari nilai estetikannya. Behel keramik dirancang untuk bekerja secara perlahan, tetapi tetap efektif. Cara kerja ini membuat behel keramik lebih nyaman digunakan karena minim rasa sakit. 

Nah, berikut adalah berbagai keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari behel keramik:

  • Warna bening transparan dan tidak mencolok
  • Banyak pilihan warna kawat gigi yang bisa disesuaikan
  • Cocok bagi kamu yang memperhatikan estetika penampilan
  • Efektif dalam memperbaiki gigi agar terlihat lebih rapi
  • Nyaman digunakan dan jarang menimbulkan rasa sakit
  • Tidak memengaruhi tes pencitraan termasuk rontgen
  • Alternatif pilihan behel metal

Paket Behel Keramik


2. Kelemahan behel keramik

Well, ungkapan tidak ada yang sempurna juga berlaku bagi behel keramik, lho. Meski memiliki banyak keunggulan, ada sejumlah hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan behel keramik. 

Dua di antaranya adalah bahan dan cara kerjanya. Bahan keramik atau porselen membuat daya tahan behel jenis ini tidak sekokoh behel metal. Sementara cara kerjanya yang lebih lambat membuat jangka waktu perawatannya sedikit lebih lama. Berangkat dari situ pula, behel keramik lebih direkomendasikan untuk kasus gigi ringan. 

Namun, untuk memastikan apakah kasus gigi kamu direkomendasikan atau tidak untuk diatasi dengan behel keramik, kamu sangat disarankan untuk berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan gigi dulu dengan dokter gigi, ya. Berikut adalah sejumlah hal yang bisa jadi pertimbangan sebelum menggunakan behel keramik.

  • Behel keramik tidak tahan noda dan lebih cepat berubah warna
  • Bahan behel keramik lebih rapuh dan mudah pecah
  • Butuh perawatan ekstra selama menggunakan behel keramik
  • Berisiko menyebabkan gigi sensitif dan kerusakan enamel gigi
  • Perawatan dengan behel keramik butuh waktu lebih lama
  • Harga behel keramik cenderung lebih mahal dibandingkan behel metal

Ini yang perlu kamu tahu soal behel gigi keramik

Pemasangan behel keramik direkomendasikan bagi kamu yang ingin merapikan gigi tetapi dengan kondisi gigi yang tergolong ringan atau tidak parah. Perawatan gigi dengan menggunakan behel keramik sendiri umumnya berlangsung selama 1-3 tahun tergantung kebutuhan dan kondisi gigi yang kamu miliki.

Selain itu, behel keramik akan lebih efektif dan cocok digunakan bagi kamu yang sudah dewasa dan memiliki gigi permanen sehingga sudah tidak lagi mengalami pertumbuhan gigi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa perbaikan posisi gigi dengan menggunakan behel keramik bisa berlangsung lebih cepat dan optimal serta mengurangi risiko patahnya bracket akibat ketegangan pergerakan gigi.

Pantangan Saat Pakai Behel


Selama penggunaan behel keramik, kamu juga perlu melakukan perawatan ekstra dalam menjaga gigi tetap sehat, termasuk membatasi makanan dan minuman tertentu, lebih rajin membersihkan gigi, serta rutin cek ke dokter gigi demi hasil yang optimal.

Namun, sebelum memilih jenis behel gigi mana yang cocok buat kamu, silakan lakukan sejumlah pemeriksaan gigi dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Tujuannya agar kamu mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai seberapa lama pemasangan behel gigi diperlukan sesuai kondisi gigi, bagaimana prosedur pemasangan dan perawatan, hingga potensi masalah yang mungkin bisa terjadi selama penggunaan behel gigi.

Jika kamu tertarik untuk pasang behel keramik, kamu bisa pesan paketnya secara online melalui HDmall. Sebagai platform kesehatan Indonesia, HDmall bekerja sama dengan berbagai klinik gigi tepercaya. Kamu cukup memilih klinik gigi terdekat dengan lokasi tempat tinggal kamu dan sesuaikan dengan paket yang kamu butuhkan. 

Mau bandingkan harga berbagai paket perawatan behel keramik? Bisa banget! Cukup klik hdmall.id untuk bandingkan harga behel keramik dan pilih paket yang paling pas dengan budget kamu. Jika butuh bantuan, hubungi customer service HDmall yang dengan senang hati siap membantu kamu.

Paket Behel Keramik

Baca juga artikel-artikel seputar behel keramik berikut:

Referensi

Buka

Tutup