Tips Jitu Merawat Behel Metal agar Gigi Rapi Maksimal


Tips Perawatan Behel Metal


Klik link di bawah ini untuk mempermudah menemukan informasi yang mau kamu simak:

Buka

Tutup

Saat pakai behel metal, kemampuan menjaga kesehatan gigi dan mulut mungkin bisa menjadi tantangan tersendiri. Adanya benda asing yang menempel pada gigi membuat makanan lebih rentan terselip di sela-sela kawat dan bracket. Itulah kenapa kamu perlu merawat behel metal dengan baik supaya gigi tetap bersih dan behel metal memberikan hasil maksimal. 

Bagaimana cara kerja behel metal merapikan gigi?

Semua jenis behel, termasuk behel metal, berfungsi untuk merapikan gigi. Behel metal bekerja dengan memberi tekanan yang pada akhirnya menggerakkan gigi ke posisi yang benar atau yang diharapkan.

Selain untuk menggerakkan gigi ke posisi yang sesuai, behel metal berfungsi untuk menahan gigi, salah satu contohnya adalah pada kasus gigi tonggos atau maju. Tekanan yang diberikan behel metal membuat gigi tidak semakin maju.

Secara sederhana, tekanan tersebut berasal dari kawat dan bracket behel metal. Pergerakan gigi yang dipasang behel metal pada dasarnya terjadi karena gigi mendapat tekanan secara terus-menerus. 

Kawat yang dipasang pada bracket biasanya dikencangkan secara bertahap. Tindakan ini dilakukan untuk membuat gigi bergerak ke posisi yang tepat dan menjaga agar gigi tetap pada posisi tersebut. Karena tekanan inilah, gigi akan bergeser secara bertahap ke tempat yang seharusnya agar tidak menumpuk atau tidak lagi renggang.

Dari sini barangkali muncul pertanyaan: Mengapa gigi yang tersambung pada rahang bisa bergerak? 

Sebenarnya gigi tidak tersambung langsung ke rahang. Yang benar, pada bagian bawah gusi terdapat selaput yang dikelilingi tulang yang menancapkan gigi pada rahang. Selaput inilah yang merespons tekanan yang diberikan oleh behel metal dan mengontrol posisi gigi. Respons terhadap tekanan behel metal itulah yang membuat gigi bergerak ke posisi yang tepat.

Tanda Harus Pakai Behel

Kelebihan dan kekurangan behel metal

Behel metal biasa digunakan bagi mereka yang memiliki masalah gigi kompleks. Lama pemakaian behel gigi metal juga tergantung dari kondisi gigi setiap orang, umumnya berkisar antara 1-3 tahun.

Kelebihan behel metal

Beberapa kelebihan behel metal adalah:

1. Harga terjangkau

Behel metal dikenal sebagai salah satu jenis behel konvensional dengan harga terjangkau jika dibandingkan dengan jenis behel gigi lain, seperti behel keramik maupun behel sapphire. 

Harga pasang behel metal bisa berbeda-beda tergantung klinik gigi dan pemeriksaan pendukung lain yang mungkin diperlukan, seperti rontgen gigi atau scaling gigi. Harga pasang behel metal via HDmall bisa didapatkan mulai dari 2 juta-an saja.

2. Efektif merapikan gigi

Pemakaian behel metal bisa dibilang lebih efektif merapikan gigi khususnya pada kasus masalah gigi kompleks. Hal ini dikarenakan adanya dorongan dan tekanan yang diberikan oleh kawat mampu menggerakkan gigi secara perlahan hingga posisi gigi tersusun rapi.

Behel metal cocok buat kamu yang memiliki masalah ini:

  • Gigi menonjol (tonggos)
  • Gigi menumpuk
  • Ada celah antar gigi
  • Gigi tumbuh miring atau tidak sejajar

3. Warna bracket bisa diganti

Meski sedang terlihat menggunakan behel gigi, warna bracket yang terdiri dari macam-macam warna bisa diganti sesuai keinginan lho. Jadi, untuk menghindari rasa bosan, ketika kontrol gigi rutin ke dokter gigi, kamu bisa mengganti warna bracket lho.

Jenis Behel Gigi beserta Kelebihan dan Kekurangan

Kekurangan behel metal

Sebelum memutuskan pasang behel metal, kamu juga perlu mempertimbangkan sejumlah risiko yang mungkin dialami selama penggunaan. 

Beberapa kekurangan behel metal adalah:

1. Pemakaian kawat gigi jelas terlihat

Jika dibandingkan dengan behel keramik, maka pemakaian behel metal akan jauh lebih terlihat. Meski warna bracket bisa diganti, kawat pada behel metal akan tampak mencolok dan mungkin dirasa sedikit mengganggu penampilan.  

2. Menimbulkan rasa sakit

Behel metal yang terbuat dari bahan logam yang direkatkan di bagian depan gigi biasanya akan menimbulkan rasa sakit, terutama di pemakaian awal dan saat pengencangan kawat gigi. Meski menimbulkan rasa ketidaknyamanan selama pemakaian, efek tekanan yang diberikan justru akan membantu mempercepat proses merapikan gigi.

3. Sulit mengunyah makanan

Selama pemakaian behel metal, kekhawatiran yang biasanya dialami oleh pengguna behel gigi adalah sulit mengunyah makanan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari makanan yang bertekstur keras, kenyal, atau susah dikunyah dan pilih jenis makanan yang teksturnya cenderung lunak dan berukuran kecil.

4. Lakukan perawatan ekstra

Pemakaian behel gigi seringkali menyebabkan adanya makanan yang terselip di antara bracket dan kawat gigi. Sayangnya, sikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkannya sehingga pengguna behel disarankan untuk rajin melakukan flossing menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari.

Apa yang harus dilakukan setelah pasang behel metal?

Lakukan hal-hal berikut ini setelah pasang behel supaya posisinya tetap teratur dan rapi, yaitu:

1. Jangan langsung makan setelah pasang behel metal

Setelah behel terpasang, dokter biasanya akan meminta kamu untuk tidak makan dan minum selama 30-60 menit ke depan. Hal ini bertujuan supaya behel terpasang dengan erat dan memberikan hasil maksimal.

2. Kontrol rutin setiap 3-4 minggu

Selama pakai behel metal, kamu disarankan untuk kontrol ke dokter gigi secara rutin setiap 3-4 minggu. Dokter akan memeriksa kondisi kawat gigi dan mengganti karet behel yang sudah longgar. 

Beri tahukan dokter jika ada bracket yang hilang atau rusak agar segera diganti dengan yang baru.

3. Rajin menyikat gigi

Sisa-sisa makanan akan lebih mudah terselip di sela-sela kawat behel metal dan bracket. Maka dari itu, kamu perlu lebih rajin menyikat gigi, terutama setelah makan.

Gunakan sikat gigi khusus yang bulu sikatnya lebih halus supaya lebih mudah menjangkau sela-sela kawat. Kamu juga dianjurkan menggunakan pasta gigi berfluoride untuk memberikan perlindungan lebih pada gigi dan gusi selama pakai behel metal.

Meski sudah menyikat gigi, terkadang masih ada sisa-sisa makanan yang terselip di sela-sela kawat maupun bracket. Lakukan flossing secara berkala untuk membantu mengeluarkannya.

Bagaimana cara meminimalkan efek samping behel metal?

Kamu mungkin akan merasakan nyeri atau ketidaknyamanan di area mulut setelah pasang behel metal. Ini merupakan hal yang wajar, pertanda bahwa mulut sedang beradaptasi dengan benda asing yang menempel pada gigi.

Efek samping behel metal ini biasanya berlangsung selama sekitar satu minggu. Setelah mulai terbiasa, mulutmu akan terasa normal dan hanya merasakan sensasi mengganjal saja. 

Agar nyerinya tak berlarut-larut, lakukan hal-hal berikut untuk meredakan efek samping behel metal:

  • Minum obat pereda nyeri, contohnya paracetamol
  • Makan makanan bertekstur lunak dan tidak perlu dikunyah, seperti sup, pisang, telur orak-arik, atau oatmeal
  • Makanan yang dingin, seperti smoothies buah, yogurt dingin, dan es krim

Makanan apa saja yang harus dihindari selama pakai behel metal?

Ingin posisi behel metal tetap terjaga dan enggak mudah rusak? Hindari makanan berikut:

1. Makanan yang manis dan teksturnya lengket

Makanan manis dan bertekstur lengket seperti permen, gulali, atau karamel bisa memicu pembentukan plak dan rentan menempel pada kawat gigi. Bila dibiarkan terus-menerus, hal ini bisa menyebabkan kerusakan gigi dan membuat fungsi behel metal jadi enggak maksimal.

2. Makanan yang keras

Selama pakai behel, hindari makanan yang teksturnya keras seperti popcorn, keripik, es batu, kacang-kacangan, daging, dan sayuran mentah. Menggigit makanan yang keras berisiko menggeser bahkan merusak bracket behel metal.

Pantangan Saat Pakai Behel

Dapatkan promo pasang behel metal di HDmall

Perjuangan untuk mendapatkan gigi yang rapi baru saja dimulai. Supaya hasilnya maksimal, kamu perlu merawat behel metal dengan baik dan mengikuti semua anjuran dokter.

Berencana pasang behel metal? Kamu enggak perlu bingung. Tinggal klik HDmall dan langsung pilih paket pemasangan behel metal yang tersedia. Kamu juga bisa bandingkan harga perawatan behel metal dari seluruh klinik yang ada.

Sebenarnya, harga behel tergantung pada jenis bahan behel yang kamu pilih, tetapi jangan khawatir karena harga paket behel di HDmall tentu terjangkau. Paket pemasangan behel metal dipatok mulai dari Rp2.280.000. Tim customer service kami juga siap membantu memilihkan paket yang sesuai dengan kebutuhan, budget, dan lokasi kamu.

Paket Behel Metal

Baca juga artikel lain seputar perawatan behel gigi:

Referensi

Buka

Tutup